Rabu, 24 Februari 2016

Psikologi sepakbola Sawah "menebak kehidupan percintaan seseorang lewat sepakbola Sawah" (Cerpen Filsafat : Kisah Aco part 6 ).




sepakbola sawah
www.kaskus.com

Sore ini adalah sore yang bersahabat. Matahari yang mengantuk akan segera terlelap di ujung horizon, dan sebelum sore ini berakhir akibat kedatangan ibu Bulan yang cantik. Aku dan Bolong datang ke sawah Daeng Bundu yang sebulan lalu baru saja di panen. Hingga biasanya tanah yang lagi nganggur ini menjadi tempat untuk bermain sepakbola. Mendirikan gawang dadakan yang terbuat dari bambu tua liar atau bambu bekas “Baraccung”. Hanya bermodalkan sawah dan gawang, maka bagi kami itu sudah sah di sebut sebagai lapangan sepakbola. Dan kami bermain di atasnya setiap sore hingga musim barat datang lagi.

Dikala gagal cinta, permainan sepakbola bisa menjadi pelarian sementara untuk melupakan segala renungan –renungan malam yang menyiksa. Aku harap seperti itu. Sepakbola bisa membuatku kembali bersemangat. Sepakbola bisa mengajarkanku ketabahan dan kesabarn untuk meng-gool-kan cintaku kedalam gawang hati Aurorah. Dengan skill samba yang berliku-liku.

Aku hampir hafal mati tentang tetek bengek permainan sepakbola. Tentang formasi 4-3-3 model menyerang dan permainan taktis. Atau 4-4-2 ala Alex ferguson. 5-3-2 seperti benteng kuat Italia. Atau permainan menyerang tiki-taka ala Barcelona. Namun di lapangan sawah seperti ini formasi yang paling cocok adalah formasi power rangers yang bisa berubah-ubah atau formasi Sparta Pasukan perang Yunani di mana anda harus melindungi semua bagian tubuh anda, karena kalau tidak, anda bisa pulang dengan luka lebam yang cukup banyak dengan bentuk yang imut. atau terakhir adalah formasi kaki ayam. Formasi yang lebih terfokus untuk melindungi tulang kering kaki, karena formasi ini banyak di pakai oleh tim yang memiliki “bangkeng Tongolo( kaki yang tuli)”. Dan ketika kaki anda terluka, maka pemain lain akan mengatakan “banyakji kaki ayam”.

Mungkin anda berpikir bahwa sepakbola sawah tidak memiliki aturan. Namun tunggu dulu, anda jangan terburu-buru untuk menyimpulkan. Dalam sepakbola sawah. Wasit hanya muncul pada pertandingan tujuh belasan atau pertandingan antar RW dengan hadiah satu dos Mie Instan dan denda kartu kuning yang selalu gratis dan kadang amat jarang di keluarkan. Karena sekali pelanggaran hanya kartu merah yang keluar. Tetapi sekeras apapun permainan sepakbola sawah. Kami di ajarkan sebuah filsafat analisis diri dan hasrat kuasa. Dimana sebuah kekalahan adalah hal yang paling terharamkan dalam Fiqih sepakbola. Karena super Ego semacam itu, hingga berbagai carapun di tempuh agar tidak kebobolan. Dan lewat permainan sepakbola sawah ini, kita pula di ajarkan teori Demokrasi Abraham Lincoln yang mengatakan bahwa “ pemerintahan berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat” dalam permaian sepakbola Sawah demokrasi itu berbunyi “ keputusan pelanggaran, berasal dari keputusan pemain mayoritas, oleh keputusan pemain mayoritas dan untuk keputusan pemain mayoritas.” Jadi jika anda handball (bola menyentuh tangan anda ) dan suara pemain seimbang untuk memutuskan apakah itu pelanggaran?, di tambah pemain yang terduga Handball selalu punya Alibi dengan menghapus bukti bekas bola di tangannya, maka tak jarang permainan sepakbola sawah berubah menjadi ring Smack Down. Inilah yang kusebut sebagai formasi Power Rangers. Permainan yang damai bisa berubah seketika menjadi kacau balau.




Sekarang saatnya untuk masuk kedalam lapangan. Tidak ada pemanasan atau lari-lari kecil. Kami akan panas dengan sendirinya kalau sudah bermain. Namun izinkan aku menjelaskan secara lanjut filosofi sepakbola yang mungkin bisa menjadi semacam ukuran psikologi manusia. ini disebut psikologianalisa sepakbola babi buta. Silahkan menyaksikan.



“ Pasui, kamu yang jadi kipernah” Gondrong yang selalu ingin menjadi diktator menunjuk Pasui untuk menjadi kiper.

“ ah, nda mauja saya deh,” Pasui menolak dengan wajah yang jijik seolah alergi dengan posisi itu.

“ Kau mi saja Pudding” lalu melimpahkan perintah itu ketangan Pudding yang seolah tak mendengarnya.

“kaumo Pasui ?” Gondrong kembali menggodanya.

“nda mauja saya deh, atau kaumo Aco, pintarjoko tangkap bola,” kini aku yang menjadi pelariannya. Tapi aku ikut memakai cara Pudding, seolah tak ada suara yang menyebut namaku.

Penentuan untuk siapa yang menduduki posisi kiper akan selalu berlangsung lama. Jika ini di lanjutkan hampir semua pemain akan menjadi pelarian Pasui. Lalu pertanyaannya mengapa posisi Kiper itu amat menakutkan.?



Jika di analisa lewat pembagian kelas. posisi Kiper menjadi posisi yang paling terbawah. Ia ibarat masyarakat menengah kebawah yang selalu tertindas. Karena dalam permainan sepakbola. Khususnya permainan sepakbola sawah, Kiper menjadi semacam “parappung bola ( anak gawang )” yang melelahkan. Selalu terjatuh dan banting tulang menghalau agar gawang tidak kebobolan tetapi jika bola sekali lolos saja. selalu kiper yang menjadi kambing hitam. Atau semacam anak tiri yang selalu tersiksa. Tetapi jika ia menunjukkan permainan yang gemilang yakni permainan menangkap bola dengan jungkir balik. Melipat badan untuk terbang keangkasa. Maka kiper akan mendapat sorakan dan tepuk tangan yang membahagiakan. Tapi setelah itu dia kembali di telan bumi. maka sekali lagi, kiper adalah posisi yang sangat membosankan. Karena ketika tim menang,  usaha kiper jarang di sebutkan.

“saya pa pale yang jadi kiper tapi ganti-gantian ki nah “ namun Pasui tahu bahwa kata ganti-gantian itu akan berubah menjadi permanent dan abadi. Dia tahu akan berposisi kiper untuk sepanjang masa.

Maka mudah di tebak. Seorang manusia yang berposisi kiper adalah manusia yang penuh dengan kesabaran, tawakkal, pekerja keras. Sedang dalam kehidupan percintaan. Seorang lelaki yang berjiwa kiper adalah laki-laki yang akan melindungi kekasihnya dengan sepenuh kekuatan dan daya yang di milikinaya. Seperti Pasui yang berusaha sekeras untuk menghalau bola yang akan membobol gawang kekasihnya. Pada setiap masalah dalam hubungannya. Laki-laki yang berjiwa kiper adalah laki-laki yang sabar dan menerima apa adanya. Pasui yang terus berdiri di bidang garis gawang. Itu membuktikan bahwa ia adalah laki-laki yang paling setia. Atau manusia Kiper adalah laki-laki yang cocok untuk melanggengkan hubungan percintaan.

“Tepoki Bolong, patahkan kakinya.” jika kami berteriak seperti ini, itu karena bolong sedang berposisi sebagai Beck atau Stopper. Secara etimologi Stopper berasal dari bahasa Inggris “stop” yang berarti berhenti lalu disebut stopper yakni pemberhenti. Maka seseorang berposisi sebagai stopper adalah manusia yang menyerahkan segala tubuh, jiwa dan hidupnya sekalian untuk menjadi lampu merah. Haram hukumnya dia di lewati. Karena itu Stopper selalu menjadi momok menakutkan karena anda bisa saja mendapat bengkak di tulang kering. Ketika stopper itu adalah “bangkeng tongolo” maka anda harus siap-siap di langgar dengan tindak kriminal yang berat. Permainan tanpa wasit, Sebuah sleding yang menakutkan akan di legalkan.

Maka bisa di gambarkan secara singkat bahwa seorang stopper adalah manusia keras kepala, tegas dan disiplin. Ia dalam otoritas bisa menjadi seorang pemimpin yang tangkas. Seringkali dalam permainan sepakbola internasional. Seorang stopper sering di labeli Capten. Tetapi di satu sisi . Stopper bisa menjadi manusia badut yang menjadi titik objek tertindas dan malah lebih tertindas di banding seorang manusia kiper. Itu bisa terjadi ketika ia bertemu dengan seorang Striker yang lincah dan lebih cepat darinya. Maka ia akan kelihatan mengejar pantat lawan saja. dalam kehidupan percintaan. Seorang Stopper harus menghindari perempuan yang berjiwa Striker. Apapun dan bagaimanapun keadaannya. Karena anda bisa menjadi keledai cinta. Sebuah ketidak hormatan diri, di mana anda akan selalu di selingkuhi tanpa anda sadari.

“Umpan ketengah, kuasai permainan”

Umpan ketengah, itu berarti bola akan di oper ke pemain tengah, biasa di sebut gelandangan atau nama internasionalnya di sebut sebagai playmaker. Pemain yang berposisi sebagai gelandang haruslah memiliki kemampuan multiskill. Selain dapat menguasai bola dengan baik, ia sekalikus harus mengumpan, menyerang dan bertahan sama baiknya. Hingga playmaker sering di sebut sebagai jantung permainan. Namun salah sedikit saja, atau gelandang tidak bisa menguasai lapangan. Maka posisinya bisa berubah menjadi gelandangan, pemain pemburu pantat lawan yang selalu kehilangan bola.
Kalau dalam kehidupan percintaan, lewat gerakan gelandang yang harus selalu lincah. Maka hati-hatilah dengan manusia yang berjiwa gelandang. Asal kata playmaker amat mirip maknanya dengan playboy. Play maker yang bisa berubah posisi kapan saja. Menyimpulkan argument bahwa manusia tipe playmaker agak susah untuk setia. Ketika ia ingin mengumpan kedepan, padahal ia sebenarnya ingin mengumpan kesamping. Itu sama saja maknanya ketika ia mengatakan cinta kepadamu ia sebenarnya juga mengatakan cinta kepada perempuan lain. Tetapi kepribadian positif dari play maker. Adalah kreativitas yang tinggi yang bisa menimbukan sebuah keromantisan mesra yang akan membuat anda berteriak “ huuu so sweeeet.” Tapi sekali lagi hati-hatilah dengan tipe manusia playmaker ini.

“ ayo lariko Gondrong.”

Untuk seorang yang memiliki kecepatan lari. Ia amat cocok untuk berposisi sebagai sayap, sayap kiri atau sayap kanan. Kata sayap sendiri untuk seekor burung amatlah penting untuk menjelajahi horizon dan membelah awan. Sedang dalam permainan sepakbola. Sayap adalah posisi untuk menjelajahi bidang lapangan lawan dan menghancurkan dengan belahan sayap yang tajam.
Sedang dalam kehidupan percintaan, seorang yang berposisi sayap adalah seorang yang ngotot dan terburu-buru. Tetapi sekali memilih putusan maka dia akan setia dengan keputusan itu. Seperti kala ia memlih untuk ke kiri, maka ia akan kekiri dengan variasi gerakan yang biasanya indah dan menjadikan stopper bermuka badut. Pada formasi 4-3-3. Sayap amat sangat di butuhkan. Dalam kehidupan percintaan yang membutuhkan ketaktisan. Manusia bersayap bisa membawa anda terbang kemana-mana. Ia biasanya setia, tetapi grafik kehidupannya seringkali naik turun. Macam gerakannya yang selalu naik untuk menyerang. Dan turun ketika di serang.

“ ya tembakmi. Kasi’ golmi”.

Otoritas menggolkan adalah milik Striker. Ujung serangan yang paling dekat dengan bidang gawang lawan. Dengan semua bagian tubuh, kecuali yang ilegal (tangan sekaligus lengan ) selalu di gunakan untuk menggolkan.

Dalam hubungan percintaan, atau seseorang yang baru dalam proses ingin menjalin hubungan seperti aku. Maka posisi Striker bisa menjadi motivasi. Dengan segala cara, Striker akan berusaha keras untuk memasukkan bola ke gawang lawan untuk memberikan kemenangan kepada timnya. Manusia striker adalah manusia penyerang yang ngotot, cerdas, creative dan tahu menempatkan diri. Dalam percintaan atau sedang dalam masa menjalin hubungan. Manusia striker adalah pasangan yang selalu berusah membuat anda senang. Dia punya tujuan dan akan setia dengan tujuan itu.


“Goooooolllllllll” lalu kami berteriak ketika Pudding berhasil membobol gawang lawan.


Sekarang pertanyaannya. Dimanakah posisiku. Dengan pengetahuan sepakbola yang menurut saya bisa di nilai A dan cerewet lalu sempat menolak untuk jadi kipper?.

Jawabannya adalah cadangan mati. Seperti dalam kehidupan percintaanku, selalu gagal memposisikan diri, bukan striker,playmaker,sayap, stopper, malah kipper juga tidak. Cadangan mati dengan tertolak secara kuadrat. Memang cocok untuk menyebut posisiku saat ini. Sungguh ironis. Galau berkali-kali lipat.



Facebook Komentar
1 Blogger Komentar

1 komentar

Keren Om Ma'ruf Blog-nya. Filsafat yang nampak sangar, di dalam Blog ini dibahas dengan pendekatan kehidupan sehari-hari....! Salam kenal Om


EmoticonEmoticon