Sabtu, 21 November 2015

Cara membaca Kant


CARA MEMBACA KANT.

Mungkin ini menjadi permasalahan kita sama-sama. Ada kebingungan yang muncul ketika membaca seorang Immanuel Kant (yang selanjutnya hanya di tulis Kant). Saya mencoba membantu kawan-kawan sekalian dengan menghadirkan cara atau tips yang tepat untuk mempelajari Kant. Meski saya sendiri pun belum tuntas mempelajari Kant. Tapi marilah kita sama-sama belajar.
Tips yang pertama. Pengantar membaca Kant. (dan saya mohon jangan bosan membaca hingga habis tulisan ini).
Berikut langkah-langkahnya.
1.       Anda harus tahu dulu cara membaca yang baik.
2.       Membaca itu punya banyak pengertian seperti Membaca buku text, mendengar audio, menganalisa lingkungan, bahkan menghayal pun di katakan membaca. dan tips ini akan mencakup semua bacaan mengenai Kant.
3.       Membaca yang baik, adalah membaca dengan sabar seraya tidak terburu-buru untuk mengatakan “aku sudah mengerti” atau “aku tidak akan pernah mengerti”. Apa lagi membaca kant. Perkataan pesimis seperti “aku tidak akan pernah mengerti dan bosan, bingung dan sejenisnya” akan selalu muncul ketika membaca Kant. Kepesimisan itu harus di lawan. Dengan cara, sabarlah dalam membaca Kant. Tekunlah untuk mengulangi membaca Kant.
4.       Untuk membaca Kant memang di butuhkan kesabaran dan ketekunan yang cukup tinggi, setidaknya bacalah berulang-ulang teks dan suara mengenai Kant, dan selalu lah bertanya dengan apa yang baru saja anda dapatkan.
5.       Buatlah sebuah pertanyaan universal atau rumusan masalah mengenai kant. Seperti
a.       Siapakah Kant?. Jawaban pertanyaan ini akan menuju pada biografi Kant.
b.      Apakah manusia yang bernama Kant?. Jawaban mengenai pertanyaan ini akan mengarahkan anda pada pokok-pokok pemikiran Kant.
c.       Bagaimanakah Kant itu ?. jawaban pertanyaan ini akan mengarahkan anda pada penjelasan yang lebih rinci mengenai pokok-pokok pemikiran Kant.
d.      Mengapa Kant?. Jawaban pertanyaan ini akan mengarahkan kita pada persoalan mengenai untuk apa sebenarnya kita mempelajari Kant.
6.       Setelah menetapkan rumusan masalah universal. Maka mulailah membaca Kant. Sekalai lagi saya ulangi, bersabarlah membaca Kant jangan terburu-buru. Apa lagi secara teks buku-buku Kant adalah terjemahan dan punya banyak istilah yang belum dapat kita definisikan. Atau ada penjelasan dari orang Indonesia. tetapi Istilah tetap tidak dapat di indonesiakan. Maka setidaknya sediakanlah kamus.
Tips yang kedua. Saat membaca Kant.
Berikut langkah-langkahnya.
1.       Pilihlah buku buku yang berkualitas yang membahas Kant dengan jelas.
2.       Banyak buku yang membahas Kant. Tetapi tidak tuntas.
3.       Kumpulkanlah buku-buku itu sebagai referensi dan hubung-hubungkanlah menjadi satu.
4.       Ketika anda membaca Kant. Lihatlah kembali rumusan masalah yang telah anda buat sebelumnya. Rumusan masalah itu akan mempermudah anda untuk memetakan bacaan anda. Umpamanya ketika anda sedang berada di hutan. Peta mengenai hutan itu akan sangat membantu anda untuk keluar dari dalam hutan itu dan tidak tersesat. Seperti itu juga ketika membaca Kant. Peta rumusan masalah akan sangat membantu anda untuk membaca Kant.
5.       Mulailah dari rumusan pertama.
6.       Saat membaca kant dari pertanyaan “Siapakah Kant”. Anda harus sangat menguasai jawaban rumusan masalah ini. Karena jawaban dari “Siapakah Kant?” akan menjadi penentu jawaban rumusan masalah selanjutnya. Tak kenal maka tak sayang. Pepatah itu sangat terapakai saat membaca Kant. Ketika anda gagal mengenal Kant. Maka anda akan gagal seterusnya membaca Kant.
7.       Jawaban dari rumusan masalah yang pertama. sekali lagi di ulang-ulangi. Agar dapat di kuasai dengan tuntas. Tapi ingat jangan bosan.
8.       Sedikit masukan. Secara subyektif  Buku bertrand Russel, sejarah Filsafat barat, agaknya lebih kritis melihat biografi Kant. Saya yakin banyak buku yang lebih baik dari buku yang saya recomended kan.
9.       Kemudian seperti itu selanjutnya saat mejawab rumusan masalah yang lain.
10.   Saat membahas pertanyaan “Apakah Kant, dan Bagaimana Kant” anda akan menjumpai banyak istilah-istilah yang sangat asing bagi kita. Maka sediakan kamus atau setidaknya catatlah istilah tersebut dan carilah artinya di kamus, internet atau tanya keteman dan dosen atau sediakanlah catatan kecil di saku anda untuk memudahkan anda mendefinisikan istilah-istilah tersebut. Saya yakin sebuah istilah pasti ada artinya. Maka jangan terburu-buru untuk mengatakan susah untuk membaca Kant karena istilah-istilah itu.
11.   Istilah yang penting yang harus anda tahu ialah.
a.       Mazhab Rasionalisme, maksudenya itu adalah toko-tokoh Rasionalisme.
b.      Apa itu Rasional.
c.       Apa itu rasio.
d.      Apa itu a priori.
e.      Apa itu Dogmatisme.
f.        Mazhab Empirisme. Yang di maksud adalah tokoh-tokohnya.
g.       Apa itu empirisme.
h.      Apaitu empiris.
i.        Apa itu a postriori.
j.        Mazhab kritisisme.
k.       Apa itu kritik. Dalam pengertian Kant.
l.        Apa itu Transendental.
m.    Apa itu analitis, sintesis,dialektik, estetika,
n.      Apa itu Indra, rasio dan intelek
o.      Apa itu metafisika, etika dan epistimologi.
p.      Dll
12.   Setelah anda tahu gambaran umum( cukup anda tahu garis besar dari pengertian istilah di atas meski tahu sedalam-dalamnya tentu lebih baik, tapi bagi pemula cukuplah mengetahu garis besarnya).  Maka Anda akan termudahkan untuk membaca Kant. Saat anda telah mudah membaca Kant, maka pada saat tu anda akan dapat merasakan ketertarikan bahwa membaca Kant itu akan sangat mengasyikkan.
13.   Inti dari semua tips ini adalah bagaimana anda dapat mengetahu istilah-istilah yang umum di pakai dalam membaca kant. Seiring anda sudah tahu istilah tersebut, seiring itu pula Kant akan terjelaskan dengan sangat jelas.
Tips yang ketiga. Setelah membaca Kant.
Berikut penjelasannya.
1.       Berhati-hatilah saat menjelaskan Kant. Karena penjelasan anda juga salah satu bentuk membaca Kant bagi audiens. Misalanya dalam pemakaran makalah.
2.       Sesuaikanlah diri anda dengan audiens yang mendengarkan anda.
3.       Berilah ilustrasi yang cukup untuk menjalskan Kant, apalagi saat menjelaskan Kant secara epistimologinya.
4.       Hindarilah secukupnya istilah-istilah yang dapat membingungkan audiens.(jiak audiens anda adalah pemula Kant).
5.       Usahakanlah untuk membuat Kant sebagai pembahasan yang snagat menarik.

Berikutlah bantuan dari saya untuk memudahkan kita untuk membaca Kant. Mengerti mengenai Kant ini sangat penting. Dengan mengerti Kant maka kita akan di katakan mengerti dengan Filsafat. Ketika anda belum mengerti mengenai karya filsafat Kant. Maka anda tidak akan resmi mengerti Filsafat secara keseluruhan.
Sekali lagi saya ulangi sebagai penutup tulisan ini. Jangan terburu-buru untuk membaca Kant. Bersabarlah, tekun, dan disiplin. Serta jangan sampai bosan membaca Kant mengingat penting untuk mengerti Kant.



Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon