Minggu, 22 November 2015

Pengantar Filsafat - Mengenal Beberapa Metode Filsafat



Mencari sebuah kebenaran adalah pekerjaan atau sudah menjadi fitrahnya orang-orang yang berfilsafat, tentu, sebuah pencarian adalah bentuk kata kerja, dimana sebuah pekerjaan memiliki alat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, Nah bagaimana dengan filsafat? adakah metode atau step-step yang digunakan? tentu ada, oleh karena itu penulis menempatkan artikel ini sebagai dasar, agar kiranya kedepan anda mengerti bagaimana metode dalam mencapai sebuah kebenaran, semua punya cara mencapai kebenaran masing-masing.

Sebenarnya metode filsafat sama banyaknya dengan definisi dari para ahli dan filsuf karena metode adalah suatu alat pendekatan untuk mencapai hakekat yang sesuai dengan pandangan filsuf itu sendiri. Namun demikian sedikitnya ada sepuluh metode, yaitu sebagai berikut :

1. Metode Kritis, menganalisis istilah atau suatu pendapat
2. Metode Intuitif, melalui intuisi akan tercapai pemahaman langsung mengenai suatukenyataan
3. Metode Skolastik, bertitik tolak dari definisi-definisi atau prinsip-prinsip diperoleh kesimpulan-kesimpulan
4. Metode Geometris, melalui analisis tentang hal yang kompleks, diperoleh suatu hakekat yang sederhana
5. Metode Empiris, melalui pengalaman-pengalaman disusunlah secara geometris suatu kesimpulan
6. Metode Transendental, melalui pengertian tertentu kemudian dianalisis dengan memperhatikan syarat-syarat yang penting.Metode ini disebut juga metode Neo Skolastik
7. Metode Fenomenologis, secara sistematis memperhatikan gejala-gejala sehingga terlihat hakekat-hakekat yang murni
8. Metode Dialektis, melalui dinamika pemikiran yaitu tesis, antithesis, dan sintesis akan diperoleh hakekat kenyataan
9. Metode Neo Positivistis, kenyataan dipahami dengan jalan menggunakan aturan-aturan yang positif atau yang berlaku
10. Metode Analitika Bahasa, menganalisa ucapan-ucapan filosofis dengan jalan menganalisa melalui pemakaian bahasa sehari-hari.

Seperti yang penulis tegaskan di atas, bahwa metode filsafat sangat kompleks, namun menurut penulis metode filsafat dapat di bagi menjadi dua metode, metode yang sudah ada dan metode yang akan ada, yang akan anda ciptakan sendiri, jadi sampai disini, walau ada 10 metode yang penulis sampaikan di atas jangan sampai mempengaruhi atau membatasi anda dalam mencari sebuah kebenaran seperti teori a-filsafatisme "Jangan terikat dengan apapun, termasuk terikat dengan aku, aku hanya memberimu A,K dan U bukan untuk menjadi AKU...."

Salam filosof

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon