Jumat, 16 Oktober 2015

Puisi Filosofis: Moral Benar!?

puisi filosofis, moral
Moral benar?
-----

Hitam putih warna punggung jalan itu
Bersih terinjak dan berdebu
Ternodai oleh langkah-langkah binatang hina
Ucapkan makna dengan paralogia
Bertopeng kata kata bijak
Dan bersembunyi dibalik pakaian dalam para wanita

Itukah dia kebenaran yang kau sebut
Taman norma sebagai wahyu agar aku setia
Menakut-nakutiku dengan sanksi agar aku mematuhiNya
Buruk.. buruk … Itu bukan yang aku mau

Ku dengar sayup-sayup wahyu moralitas
Aku berguru kepada Kant
Aku berguru pada Jeremy Bethan dan Stuart Mill
Aku juga berguru kepada Levinas
Bertamu tawarkan aforism dengan cawan kebingungan

Rigorisme hingga “yang lain”
Bak cahaya dibalik kedalaman
Aku diam dalam ketakpasrahan
“Usiklah aku dalam ke-aku-anku
Tinggalkan aku demi Aku
atau Tinggalkan Aku demi aku-ku”

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon