Rabu, 21 Oktober 2015

Pengantar Filsafat. Menyusun objek-objek penelitian Filsafat, (sistematika Filsafat )

Menyusun Objek-Objek penelitian Filsafat, ( Sistematika Filsafat ).



Telah kita ketahui bahwa Filsafat meneliti objek Materia yang membahas segala yang ada dan mungkin ada, juga membahas objek forma yang yang menuntut untuk meneliti secara mendalam. Membuat hasil penelitian filsafat terkumpul sangat banyak karena ruang penelitian yang hampir tak terbatas. Jika hasil penelitian itu disusun secara sistematis maka ia akan di sebut sebagai sistematika filsafat atau stuktur filsafat.

Perlu di tekankan lagi bahwa secara sederhana filsafat mempunyai tiga cabang besar, yaitu teori pengetahuan, teori hakikat dan teori nilai. Teori pengetahuan membahas pertanyaan “ dari mana anda memperoleh pengetahuan itu, atau bagaimana cara anda memperoleh pengetahuan itu?” sehingga teori pengetahuan membahas cara memperoleh pengetahuan. Teori hakikat adalah jawaban dari teori pengetahuan, teori hakikat akan menghadapkan pada objek-objek untuk memperoleh pengetahuan dan apa hakikat dari objek itu?. Sedangkan teori nilai, bisa di artikan sebagai tujuan dari teori pengetahuan dan teori hakikat, teori yang membahas pertanyaan “ Untuk apakah teori pengetahuan dan teori hakikat itu?”. Maka dapat di simpulkan bahwa Filsafat secara garis besarnya terdiri dari.
-          “ bagaimana cara memperoleh pengetahuan?”. Pembahasan mengenai pertanyaan ini di sebut sebagai teori pengetahuan atau Epistimologi.
-          “ apa hakikat dari pengetahuan itu ?”. Pembahasan mengenai pertanyaan ini di sebut sebagai teori hakikat atau Ontologi.
-          “ apa kegunaan dari pengetahuan itu ?”. Pembahasan mengenai pertanyaan ini disebut sebagai teori nilai atau Aksiologi.

Setelah ini marilah kita mengikuti penjelasan cabang-cabang di atas.

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon