Senin, 19 Oktober 2015

Pengantar Filsafat. Manfaat yang akan anda dapatkan jika anda mempelajari Filsafat.

Manfaat mempelajari Filsafat.
 
Pemuda-pemuda Yang keren, dengan catatan selama mereka masih berfilsafat.

Ada beberapa kasus di mana Filosof harus mendapati Trgedi di dalam takdir kehidupannya.  Dari kebijaksanaannya yang membuahkan sebuah omongan-omongan di masyarakat bahwa Filosof itu gila.

Contoh terbesarnya adalah Socrates. Ia di anggap Gila oleh sebagian orang Athena karena selalu berteriak di pasar, dan menanyai setiap orang yang berlalu di hadapannya. Bahkan pengadilan orang Shopis menuduhnya merusak para pemuda Athena.  Akhir kehidupan Socrates adalah meminum racun untuk mempertahankan kebijaksanaannya bahwa kebenaran yang di bawa oleh orang Shopis bukan lah sebuah kebenaran.

Contoh lainnya, adalah seorang filosof yang hidup di perbatasan Abad Modern, dia bernama Niatsche. Akhir kehidupannya memang mengalami kegilaan dengan penjelasan logisnya bahwa kegilaanya karena terserang penyakit. Bukan gila yang di buat-buat. Namun sebelum masa kegilaanya itu. Niatsche membuahkan sebuah kebijaksanaan yang tinggi dengan adagium bahwa “ God is Dead, Tuhan telah mati”. Sebuah pernyataan yang sangat seksi.

Namun kegilaan para filosof sebaiknya di maknai sebagai sebuah keluar biasaan. Diluar kenormalan. Karena memang filsafat berpikir di luar kenormalan, diluar dari yang empiris. Berpikir sampai keakar-akarnya, dan berpikir dengan lurus.

Meskipun filosof atau filsafat di katai sebagai sebuah kegilaan, namun faedah atau manfaat mempelajari Filsafat bak mendapati segunung harta karun yang abadi. Filsafat menurut ke optimisan penulis akan dapat membawa kedamaian di muka alam makro dan mikrokosmos. Namun kita tak usah berbicara setinggi itu. Sekurang-kurangnya ada empat manfaat mempelajari Filsafat yang di berikan oleh Ahmad Tafsir. Dan dua tambahan dari penulis.

1.       Filsafat dapat melatih berpikir lurus.
2.       Mempelajari filsafat akan memberi anda pengetahuan apa itu Filsafat?
3.       Filsafat akan menjadikan anda filosof.
4.       Filsafat akan menjadikan anda sebagai warga negara yang baik.
5.       Filsafat akan membuat Tuhan jatuh cinta kepada anda.
6.       Filsafat akan membuat anda menjadi pemuda yang gaul dan keren.

Berikut penjelasannya.

1.       Filsafat dapat melatih berpikir Lurus.

Untuk mempelajari Filsafat, seorang pelajar Filsafat wajib menguasai ilmu Logika. Ilmu Logika inilah yang berperan penting untuk menjadikan pelajar filsafat dapat berpikir dengan cara berpikir yang lurus dan dapat menyimpulkan sesuatu dengan simpulan yang benar. Bagi orang biasa berpikir lurus adalah hukumnya Sunnah, sedangkan bagi orang penting yakni orang- orang yang membawahi pemerintahan hukumnya Wajib berpikir lurus. Dengan berpikir Lurus para pemimpin dapat memutuskan suatu permasalahan dengan tepat, jelas dan bijaksana. Ada baiknya pemimpin yang memerintah, kata Plato harus berasal dari kalangan filosof, karena Filosoflah yang tahu dengan jelas bagaimana berpikir yang lurus itu.

Dengan berpikir lurus, maka negara ini akan bebas dari pencurian atau korupsi, dengan membekali para wakil rakyat dengan bekal ilmu Logika dan Filsafat. Maka mereka dapat terhalangi dari cara bepikir yang salah atau cara berpikir yang licik dan tidak lagi menjadi “ tikus-tikus yang memakan uang rakyat”.

2.       Mempelajari Filsafat akan memberi anda pengetahuan apa itu Filsafat?.

Sebagai mana Bung Hatta dalam alam pikiran Yunani mengatakan, “bahwa untuk mengetahui apa itu Filsafat, orang mesti harus membiasakan diinya bergelut dengan filsafat, dengan membiasakan diri bergelut dengan Filsafat, orang itu akan dengan sendirinya tercerahkan.”

Yah jelas, mempelajari Filsafat sudah barang tentu akan memberikan kita pengetahaun Filsafat. Mengetahui isi Filsafat bagi orang biasa hukumnya sunnah, akan tetapi bagi orang-orang yang ingin berpartisipasi dalam membangun sebuah perdaban yang gemilang mesti Wajib mengetahui ajaran-ajaran Filsafat.

Mengapa?

Dalam sejarah Dunia ini , kita sudah mengetahui bahwa ada dua kekuatan yang membangunnya yakni agama dan filsafat, yang di miliki oleh seorang manusia adalah kebudayaan, di belakang kebudayaan inilah agama dan filsafat bergerak. Dengan mengetahui filsafat kita akan tahu kebudayaan, dengan mengetahui kebudayaan kita akan tahu siapa manusianya. Dengan mengetahui siapa manusianya maka akan tersingkaplah kebenaran. Dengan tersingkapnya kebenaran mudahlah kita mendamaiakan dunia ini. Namun untuk menuju kesana, kita mesti harus menyeimbangkan Filsafat dan agama.

3.       Filsafat akan membuat anda menjadi filosof.

Filosof adalah sebutan bagi orang-orang yang telah dan mampu berfilsafat. Sebutan filosof bijaknya adalah sebutan penghargaan bagi orang-orang yang mencintai kebijaksanaan. Seseorang yang ingin menjadi filosof sangatlah mudah, seseorang hanya  harus berpikir yang lurus dan serius, dengan memiliki modal itu seseorang mungkin saja mampu menemukan rumusan baru dalam penyelesaian masalah dunia. Mungkin itu berupa Kritik, mungkin juga berbentuk usulan. Jika argumentasi, usulan dan kritik itu kuat dan dapat membuahkan suatu sistem pemikiran maka anda akan menjadi filosof secara formal.
Namun penulis dengan sederhana mengatakan, siapapun yang dapat berbuat dengan perbuatan yang bijak. Maka ia adalah seorang filosof informal.

4.       Filsafat akan menjadikan anda sebagai warga negara yang baik.

Sebagaimana defenisi filsafat itu adalah ilmu yang mencintai kebijaksanaan, atau ilmu yang belajar mengenai kebijaksanaan. Maka orang –orang yang belajar filsafat adalah orang-orang yang bijak. Orang-orang yang telah belajar filsafat dan tidak bijak maka ia telah gagal dalam mempelajari Filsafat.

Sebuah negara pastilah memiliki falsafah. Indonesia sendiri menjadikan Pancasila dan UUD sebagai falasafahnya. Dengan mempelajari filsafat, kita akan mudah memahami isi falasafah Pancasila dan UUD. Begitu memahami Falsafah Pancasila kita akan tahu makna Pancasila itu secara mendalam. Dengan memahami Pancasila kita akan menjadi warga negara yang baik dan bijak.

5.       Filsafat akan membuat Tuhan jatuh cinta kepada Anda.

Ini hanyalah opini penulis. Terserah bagi para pembaca percaya atau pun tidak jika Filsafat dapat mendekatkan diri anda kepada Tuhan bahkan akan membuat Tuhan itu jatuh cinta kepada anda.

Bagaimanakah kita mengetahui Tuhan jika Tuhan itu tak pernah di pertanyakan.

Itulah kuncinya. Filsafat sendiri melatih anda untuk berpikir Radikal. Hingga berpikir sampai ke pemikiran mistik. Filosof islam sendiri banyak masuk kepemikiran Mistik setelah melewati Filsafat. Phytagoras sendiri yang di sebut-sebut sebagai nabi, pernah pula merumuskan Filsafat itu adalah mencintai sang kebenaran. Dengan berusaha mencintaiNya Tuhan akan jatuh cinta kepada kita. Karena Tuhan sendiri Hakekatnya sangat mudah jatuh cinta kepada Hambanya. Maka dengan mempelajari Filsafat kita akan membuat Tuhan Jatuh cinta kepada kita.

Namun sekali lagi tidak sesederhanana itu.

6.       Filsafat akan membuat anda menjadi pemuda yang gaul dan keren.

Filsafat di anggap sebagai ilmu yang rumit, abstrak dan tak mudah di mengerti. Filsafat terlalu luar biasa bagi orang biasa.

Jika ukuran keren dan gaul bagi seorang pemuda adalah dapat berpakian modis, nge band, bermain olah raga Ekstrim, dan punya banyak duit atau punya banyak pacar. Sesungguhnya Filsafat lebih dari pada ukuran itu.

Filsafat menawarkan bagi para pemuda untuk menjadi manusia. karena dengan menjadi manusia saat itulah anda menjadi keren dan gaul. Bagaimana caranya anda bisa gaul dan keren jika anda masih menjadi binatang atau masih mirip dengan monyet.   Maka Filsafat yang menawarkan kebijaksanaan akan menjadikan anda sebagai manusia tulen. Tak usah terlalu repot berpakaian modis dengan berpakaian filsafat anda sudah modis.  tak usah terlalu serius nge band dengan memainkan musik Filsafat anda sudah keren. Tak usah juga menantang rasa takut dengan bermaian olahraga Ekstrim. Pelajarilah Filsafat, Filsafat sesungguhnya lebih Ekstrim. Tak usah punya banyak duit, Filsafat menawarkan kekayaan yang lebih dari pada kekayaan materi. Dan tak usah punya banyak pacar cukup satu saja dan jadikan Filsafat sebagai selingkuhan. Karena memacari dan menjadikan istri Filsafat. Maka filsafat akan memuaskan anda dan Filsafat itu lebih setia dari pada pacar anda. Jadi wahai para pemuda pelajarilah filsafat anda akan terlihat keren dan gaul.

Sekali lagi Filsafat memberikan sejuta manfaat bahkan mencapai limit tak terbatas. Ke enam faedah di atas hanya bagian atom terkecil dari faedah filsafat tu sendiri. Maka pelajari lah filsafat maka anda akan mendapatkan harta karun yang abadi.


Facebook Komentar
2 Blogger Komentar

2 komentar

Nietzsche yang benar, namanya terlalu rumit untuk di ketik. hehehe


EmoticonEmoticon