Selasa, 23 Juni 2015

mencoba Bersahabat dengan nafsu di bulan Ramadhan



M’R
Perang melawan nafsu. Hadis Rasulullah mengatakan inilah perang yang paling besar, paling susah dan yang paling banyak menelan korban. Bahkan perang melawan nafsu lebih kejam dari perang melawan pasukan mongol, dan lebih jauh membahana dari perang dunia. Mengapa demikian hebatnya perang melawan nafsu itu?.
Jika dibandingkan dengan perang antar manusia. Perang melawan nafsu adalah perang melawan musuh yang tak tampak. Atau perang dengan sesuatu yang maya yakni nafsu. Bagaimana bisa membunuhnya?. Dan bagaimana bisa dijatuhi bom nuklir? biar cepat saja musnah. Tapi nafsu bukan materi yang bisa dimusnahkan. Dia musuh yang sekali menggoda saja. manusia bisa menjadi mayat hidup.
Lalu bagaimana metode untuk melawan nafsu itu. Caranya ia lah. Beriman pada yang ditakuti oleh nafsu. Beriman kepada yang ditunduki oleh nafsu. Siapa yang dia tunduki. Dialah Tuhan yang maha melindungi. Tuhan yang berada didalam hati adalah senjata paling ampuh untuk mengusir nafsu bahkan bisa memusnahkan nafsu.
Namun. Sebagai seorang yang moderat. Nafsu tidaklah juga harus dipandang sebagai sesuatu yang mengganggu juga mengancam. Nafsu kadang bisa bersahabat jika coba dipersahabatkan. Nafsu ibarat seekor binatang buas. Jika dapat dijinakkan ia bisa menjadi pelindung juga penghibu lara.
Tetapi nafsu tetap saja bagi manusia awam. Harus dipandang dengan kehati-hatian. Sahabati nafsu dengan sebutan Dzikrullah. Berikan nafsu sebuah makanan puasa. Beri minum nafsu itu dengan kerendah hatian. Jika nafsu telah menjadi seorang sahabat. Maka nafsu bukanlagi menjadi seorang musuh. Maka peperanganpun telah berakhir.
Dan bulan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk berkompromi dengan nafsu. ajak nafsu untuk duduk bersama saat kita melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an. berjabat tanganlah dengan nafsu saat kita sedang   menjalankan sholat sunnah. peluklah nafsu saat kita sedang bermunajat dengan bersama dengan Tuhan.
Insyaallah Tuhan bersama dengan kita.

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon