Minggu, 28 Juni 2015

Cerita Cinta Tristan und Isolde




TRISTAN UND ISOLDE

Derai rambatan suara menusuk gendang telinga. Mengalir terus melelehkan alam cinta. Air mata mengalir ketika pintu esensi terungkap. Haru biru kisah cinta suci yang malang. Aku mencintainya, dia mencintaiku. Namun cinta kita terahasiakan dalam kotak misteri. Kita bercinta di ranjang siksa metafisik.
Dialah Tristan dan isolde. Dua manusia sepasang tapi tak pernah terpasang. Dua manusia yang saling mencintai tapi tak pernah bercinta secara fisik. Malang nasibnya hanya bisa merasakan apa yang dinamakan cinta sejati.

Dialah isolde seorang putri yang cantik. Putri dengan matanya yang sayu dan senyuman yang meluluhkan cinta. Dialah putri dari Irlandia. Kecantikannya mempesona seorang raja dari cornwall bernama Mark. Dengan takdir yang mengatur mereka lalu di jodohkan. Raja Mark yang berbunga hatinya lalu mengutus keponakan laki-lakinya yang tampan bernama Tristan.

Jalinan cinta terlarang pun terjalin. Tristan mencintai calon ratu bagi pamannya. Dan calon ratu itu juga mencintai Tristan. Mereka saling mencintai dalam kegelapan. Merahasiakan jalinan cintanya dibawah ketidaktahuan raja Mark. Namun apa daya karena ego dua negara yang terlnjur terikat dalam sebuah perjanjian. Putri Isolde tak dapat menolak pinangan raja Mark. Mereka menikah tanpa cinta. Meskipun putri Isolde telah menikah dengan raja Mark namun suami sesungguhnya adalah Tristan seorang.

Jalinan cinta terlarang itu ternyata keluar pada kebenaran. Raja Mark mengetahui cinta terlarang itu. Sang raja naik pitam. Namun setelah berpikir sehat. Dia memaafkan putri Isolde. Tapi tidak bagi keponakannya. Tristan harus dibuang dari kerajaan. Lalu dia berkelana tanpa arah. Karena tujuan kehidupannya ada pada kerajaan. Dialah putri Isolde. Tujuan hidupnya.

Namun dalam keadaan berkelana itu. Dia bertemu dengan wanita bernama Iseult yang berasal dari Britania. Wanita itu lalu mengingatkan Tristan pada gadis pujaannya Isolde. Tristan lalu menikahi Iseult yang dipandangnya adalah Isolde. Tristan begitu dimabuk candu cinta akan isolde sehingga dia mencintai iseult karena mencintai isolde. Menikahlah dia. Namun Tristan tak pernah menyentuh Iseult sepanjang hidupnya. Karena yang ingin disentuhny hanyalah seorang putri isolde. Iseult yang mencintai Trista merasakan kecemburuan atas cintanya yang bertepuk sebelah tangan.

Diakhir hayatnya Tristan yang sekarat. Mengirimi surat cinta kepada Isolde. Yang isinya adalah “ jika kau memang mencintaiku wahai putri isolde maka datanglah kau menjengukku. Jika kau tak bisa karena larangan dari raja mark. Maka kirimilah aku kapal yang berwarna putih jika kau memang mencintaiku jika tidak maka kirimilah aku kapal hitam.”
Putri Isolde lalu membalasnya mengirimi Tristan sebuah kapal berwarna putih sebagai tanda cintanya pada Tristan. Namun yang sampai ditelinga Tristan adalah kapal berwarna hitam. Iseult yang berkata seperti itu karena kecemburuan yang sudah mencekamnya. Tristan lalu merasa tak lagi punya tujuan meneruskan hidup saat medengar kabar itu. Setelah pujaan hatinya tak lagi mencintainya. Maka matilah tujuannya. Tristan menutup mata dan pergi untuk selamanya. Dan setelah mendengar kepergian Tristan. Putri Isolde merasakan kesedihan yang menahun. Yang membuatnya sakit-sakitan. Matilah ia dengan kesedihan akan ditinggal oleh tristan.
Kisah yang menyedihkan. Kisah cinta Tristan und Isolde lewat wagner dia bersyimponhy mengenang kisah cinta yang tragis namun esensinya adalah kesucian cinta. Tristan pergi dengan kabar palsu namun cintanya tetap suci. Putri Isolde juga pergi dengan cintanya yang setia. Setidaknya jika cinta yang bersemi di bumi tak berbuah dibumi maka ia akan berbuah dilangit.

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon