Kamis, 25 Juni 2015

Apa itu Filsafat Islam ?





MENGARTIKAN FILSAFAT ISLAM ( Filsafat islam sebuah kajian tematik dari Dr Zaprulkhan, M.S.I)
Mr


Cabang ilmu filsafat yang paling sempurna. Penulis mensubyektifkan diri bahwa filsafat islam adalah dua kata yang saling menyempurnakan. Dari semua cabang filsafat, filsafat Islamlah yang menawarkan kesegaran kebenaran yang melimpah bakair terjun Zam-zam yang tak pernah berhenti deras mengalir memuaskan rasa haus.
Filsafat Islam adalah Filsafat yang membawa renaisance kecil ke Eropa. Lewat Filsafat Islam inilah. Barat mesti berterima kasih dengan peradaban besar Filsafat yang dibawahi oleh Islam. Yang dinaungi oleh Islam. Filosof besar kenamaan Seperti Ibn Alfarabi, Ibnu Sina, Algazali, Ibn Rusyd. Menjadi jembatan antara peradaban emas Yunani yang kemudian melewati peradaban cemerlang Islam lalu menuju pada Era Modern Barat.
Mengartikan Filsafat Islam
Bagaimana bisa harumnya peradaban islam itu. Bagaimana bisa dengan Filsafat Islam bisa membuat barat mencapai kemodernitasnya. Al-Qur’an dan Hadis merupakan jawaban yang paling layak di beberkan. Karena dalam menggagas konsep-konsep filosofisnya. Para filosof muslim tentu saja menangkap makna dalam atau makna batin Al-Qur’an dan hadis. Sehingga menciptakan filsafat yang berbeda satu sama lainnya tergantung kapasitas intelek mereka dalam memaknai Al-Qur’an dan Hadis.
Namun apakah Filsafat Islam itu?
Filsafat Islam tidak bisa langsung diberi defenisi sebelum memisahkan keduanya. Filsafat Islam terdiri dari dua kata Filsafat dan Islam. Secara etimologi dan hampir semuanya seragam bahwa Filsafat itu bersal dari bahasa yunani. Yakni philein dan shopien. “Philein” yang artinya cinta sedangkan “shopien” yang artinya bijaksana. Sehingga sacara sederhana filsafat adalah cinta terhadap kebijaksanaan.
Secara terminologi filsafat adalah kontemplasi atau mempelajari secara keseluruhan dialektika mengenai eksistensi kehidupan yang berakhir pada visi kebenaran “ Aku adalah Tuhan”. Artinya bahwa makna tertinggi dari jawaban dialektika mengenai eksistensi kehidupan adalah menyingkap kemaha benaran.
Dari kata filsafat kita dapat melihat dua buah kutub. Yakni kutub aktivitas yang ditandai oleh kata “ Philein” yakni aktivitas untuk mencintai. Membesarkan hasrat. Sedangkan kutub objek yang ditandai oleh “Shopien” yakni kebijaksanaan. Maka Filsafat merupakan aktivitas suci dalam mencintai kebijaksanaan. Dari pengertian ini pula kita sudah bisa menangkap visi Phitagoras dalam memaknai Filsafat. Yang adalah manusia tidak akan pernah bisa Shopien. Manusia hanya bisa menjadi Filsafat yakni manusia yang pecinta kebijaksanaan.
Sementara itu kata islam secara tematik berasal dari kata salima yang berarti tunduk, damai dan selamat. Dengan ber islam kita mutlak menyerahkan diri kepada Allah. Karena dengan hanya menyerahkan diri kepada Allah kita merasakan kedamaian dan keselamatan. Islam berlaku untuk semua maklhluk ciptaan Allah. Air, api, udara, tanah semuanya harus tunduk kepada Allah. Sebagai juga ketundukan kepada sunatullah (hukum alam)
Jadi Filsafat islam, Islamic philosophy adalah filsafat yang bercorak islam. Islam yang berpasangan dengan kata filsafat mengadung tafsir sebagai sifat dan corak dari aktivitas filsafat. Filsafat Islam bukan filsafat tentang islam. Karena filsafat islam adalah berpikir dengan bebas dan radikal namun tetap berada dalam taraf makna yang mempunyai sifat, corak dan karakter yang mendamaikan dan menyelamatkan.
Filsafat islam adalah filsafat kenabian Muhammad. Inilah yang menjadi sifat tersendiri bagi filsafat islam yang tidak pernah di temukan pada garis panjang tradisi filsafat yunani. Konsep filsafat mengenai kenabian ini secara teoritis pertama kali dibangun oleh al Farabi. Alfarabi beranggapan bahwa nabi memiliki kekuatan imajinatif yang dapat berhubungan dengan aql fa’al untuk berdiri pada kebenaran tertinggi. Yang kemudian oleh Ibn Sina dikembangkan menjadi aql suci yang dapat mencapai kegaiban dan bersatu di dalamnya.

Facebook Komentar
2 Blogger Komentar

2 komentar

ane bingung sendiri gan kalo mengenai ilmu filsafat, mungkin ilmu ane belum sampe sono kali ya


EmoticonEmoticon