Selasa, 08 September 2015

Pengertian Tasawuf.


Pengertian Tasawuf

Tasawuf secara epitimologi berasal dari kata “ Shafa” yang berarti suci. Tasawuf dikatakan suci. Karena orang yang mendalami Tasawuf memiliki niat maupun tujuan untuk membersihkan jiwa dalam mengabdi kepada Allah SWT.
Pendapat lain mengatakan bahwa kata Sufi atau orang yang mempelajari Tasawuf berhubungan dengan perkataan ahl ash shuffah, yaitu nama yang diberikan kepada sebagian fakir miskin di kalangan orang-orang Islam pada masa awal Islam. Jelasnya mereka di namakan sufi karena sifat-sifat mereka menyamai sifat orang-orang yang tinggal di serambi masjid yang hidup pada masa nabi SAW.
Ada lagi yang mengatakan tasawuf berasal dari kata shaff, artinya shaff atau baris. Dinamakan sebagai sufi, menurut pendapat ini, karena berada pada baris (shaff) pertama di depan Allah akibat besarnya keinginan mereka akan Dia, kecenderungan hati mereka terhadap-Nya.
Harun Nasution menyebutkan bahwa yang di sebut dengan ahl ash-shuffah adalah mereka yang pernah ikut pindah dengan Nabi dari Mekah ke Madinah. Namun karena mereka kehilangan harta benda, mereka berada dalam keadaan miskin serta tidak mempunyai apa-apa. Mereka tinggal di Masjid Nabi dan tidur di atas bangku batu dengan memakai pelana sebagai bantal. Pelana yang di gunakan mereka di sebut sebagai shuffah. Meskipun dalam keadaan miskin, ash- shuffah berhati baik dan mulia . Sifat utamanya adalah tidak mementingkan keduniaan dan hidup miskin, tetapi berhati baik dan mulia. Itulah sifat-sifat kaum sufi.
Selanjutnya. Harun Nasution dalam bukunya yang sama menambahkan bahwa kata shuf berarti sebuah kain yang terbuat dari bulu, atau sering di sebut dengan Wol, yang menjadi salah satu identitas mereka.wol yang di pakai oleh mereka bukanlah Wol yang halus yang di gunakan oleh orang kaya pada saat itu. Kain Wol yang mereka gunakan adalah kain Wol yang kasar yag dipakai dengan kesederhanaan.
Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulum Ad-din menyebutkan bahwa , Tasawuf adalah budi pekerti. Barang siapa yang memberikan bekal budi pekerti atasmu, berari ia memberikan bekal bagimu atas dirimu dalam Tasawuf.
Pendapat lain adalah berasal dari kata shufi, yaitu bulu domba atau wol. Hal ini karena mereka ( para sufi) tidak memakai pakaian yang halus di sentuh atau indah di pandang. Untuk menyenangkan dan menenteramkan jiwa. Mereka memakai pakaian yang hanya untuk menutupi aurat dengan bahan yang terbuat dari kain wol kasar (shuf).

Dari sekian banyak defenisi yang di tampilkan oleh para tentang tasawuf. Jelaslah suatu defenisi yang universal mesti bertolakdari berbagai defenisi yang ada sehingga di temukanpengertian yang saling melengkapi. Banyak dalam kitab Tasawuf masih di temukan sejumlah defenisi Tsawuf yang sangat beragam , bergantung pada sudut mana mereka melihat tasawuf itu sendiri.

Facebook Komentar
0 Blogger Komentar


EmoticonEmoticon